Kamis, 21 April 2011

XLangkah lebih maju dengan internet

(Tulisan ini dibuat untuk lomba XL Xlangkah lebih maju)

 


Jika buku adalah jendela dunia, maka pantaslah jika kita menyebut internet sebagai perpustakaan dunia atau bahkan sebagai ”Pintu” nya dunia. Internet atau Interconnected Computer Network (ada juga yang menyebutnya International Network) merupakan jaringan dari sekumpulan jaringan (networks of networks) yang terdiri dari jutaan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan suatu aturan komunikasi jaringan komputer (protokol) yang sama. Protokol yang digunakan tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
Internet = international network

Beragam informasi dari berbagai belahan dunia tersedia di internet. Kita bisa mengetahui apa yang telah terjadi dan apa yang sedang terjadi. Hanya dengan melihat video yang diunggah di internet, kita dapat merasakan keadaan disuatu tempat tanpa harus mendatangi tempat tersebut. Kita dapat mengakses informasi yang telah lama diunggah hingga informasi yang paling terbaru yang terjadi diberbagai belahan dunia. Bahkan ketika tulisan ini anda baca, detik ini juga, ratusan atau bahkan ribuan informasi baru terunggah di internet. Dan hebatnya, kita dapat mengakses informasi-informasi tersebut dari manapun kita berada selama kita memiliki koneksi internet. Maka tak mustahil jika kita dapat memanfaatkan jaringan internet ini dengan sebaik-baiknya, kehidupan kita akan Xlangkah lebih maju dari orang-orang disekitar kita. Seperti yang pernah saya alami sebelum menulis artikel ini.

Gunung Ciremai - Kuningan
Saya dibesarkan oleh keluarga yang cukup sederhana di sebuah Kabupaten yang bernama Kabupaten Kuningan. Sebuah kota kecil yang terletak di ujung timur Provinsi Jawa Barat. Sejak umur 2 tahun hingga lulus SMA, waktu saya dihabiskan di kota yang terletak di kaki gunung Ciremai ini. Dahulu, lingkungan tempat dimana saya dibesarkan ini bukanlah lingkungan yang familiar dengan teknologi informasi dan telekomunikasi seperti internet. Jangankan internet, waktu itu teknologi telepon genggam saja masih sangat jarang dimiliki orang-orang di Kuningan. Bahkan pertama kali saya “melihat secara langsung” wujud dari telepon genggam tersebut adalah ketika saya memasuki kelas 1 SMP. Ketika itu ada saudara teman saya yang datang ke sekolah sambil memegang handphone. Baru sejak saat itu saya tahu kalau handphone itu wujudnya seperti itu :). Bandingkan dengan keadaan di zaman sekarang, dimana anak kelas 1 SD saja sudah banyak yang mahir mengoperasikan handphone. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang telah diizinkan memiliki handphone oleh orang tua nya. Maka wajar saja jika anak-anak sekarang lebih cepat melek akan teknologi informasi dan telekomunikasi seperti handphone dan internet daripada pada zaman saya dahulu. Jika masa kecil saya dihabiskan di alam bebas seperti di kebun, sawah, kolam ikan dan hutan, maka anak sekarang lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan gadget yang mereka miliki, FB-an, BBM-an, bermain game online dan sebagainya.

Soal tes penerimaan taruna baru AMG (akademi meteorologi dan geofisika)

Akademi Meteorologi dan Geofisika membuka penerimaan taruna baru untuk tahun 2011/2012. Untuk informasi lebih lanjut silahkan buka link: Pendaftaran AMG 2011

Disini saya juga menShare soal penerimaan AMG 2009 yang dulu pernah saya scan pada tahun 2010. Memang hasilnya tidak terlalu bagus, yang penting kan tulisannya bisa kebaca. Mudah-mudahan bisa berguna untuk mengetahui tipikal soal yang keluar di tes penerimaan AMG.

Dulu waktu saya mau tes AMG, tak ada satu pun soal tes masuk AMG yang bisa di download dari internet (tidak seperti soal tes masuk STAN yang bertebaran dimana-mana) . Oleh karena itu saya berinisiatif untuk men Share soal-soal yang dulu sempat saya scan ketika saya masih aktif sebagai taruna. Hal ini juga sebenarnya untuk mempermudah saya menyebarkan copy an soal amg, karena beberapa hari terakhir ini banyak kenalan yang minta kirim soal-soal AMG. Karena sekarang sudah di publish di Blog, jadi tidak usah lagi kirim satu-satu ke email tiap orang yang minta dikirimin. Cukup saya tunjukan alamat blog ini saja.
Sebenarnya dulu saya punya koleksi soal amg dari tahun ke tahun. Namun karena waktu itu belum sempat di scan semua, jadi nya hanya sempat men scan dan membagikan yang tahun 2009 saja.
Soal tes AMG tiap tahun memang berubah berubah, baik dari jenis soal nya maupun karakteristiknya. Untuk tahun 2009, soal tes nya terdiri dari:
1. Tes Potensi Akademi (Matematika, Fisika, Bahasa Inggris)
2. Tes Bakat Skolastik

Bagi yang membutuhkan soal tes masuk AMG, Silakan download file nya di bawah ini:



Cara download soal nya, buka link ini:
https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=explorer&chrome=true&srcid=0B6uhGt152xgnMDRmYTNmNGEtZDdhNi00YTk4LTkzMWQtN2Q1NzNmOTdkMTkz&hl=en

kemudian, lihat pojok kiri atas ada menu FILE,kemudian pilih download original. Kemudian anda akan dibawa ke halaman dengan tampilan Full PDF, jika halaman tersebut sudah bisa dibuka, maka tinggal klik gambar disket dikiri atas untuk menyimpan file nya. jika ada kesulitan, silakan email ke theubaya@gmail.com

tambahkan artikel ini ke