Spiga

Free Download Windows Vista Service Pack 1 (SP1) gratis




Maaf ni kalo beritanya terlambat,gapapa deh yang penting kan berguna. Akhirnya setelah sekian lama diluncurkan ke publik,Microsoft mengeluarkan Windows Vista Service pack 1 pada tanggal 4/14/2008.

Service Pack 1 ini katanya mengusung kumpulan perbaikan bug, peningkatan performa dan kompabilitas. Update pertama Vista ini juga akan terdapat penambahan fungsi enkripsi untuk multiple hard disk untuk digunakan di feature Bitlocker. Info dari beberapa Sumber yang saya dapatkan menyebutkan SP1 Vista ini tidak akan terdapat penambahan feature baru, Microsoft lebih berkonsentrasi membuat Windows Vista lebih cepat dan kompatibel dengan banyak hardware.
Windows Vista SP1 merupakan perbaikan dari Windows Vista sebelumnya dan ada perkembangan di bagian grafik dengan dikenalkannya DirectX 10.1. Sangat "powerfull" untuk gamers maupun designer CAD.

Lukman Susetio (Windows Client Product Manager PT. Microsoft Indonesia) menyebutkan ada lebih dari 450 jenis pembaruan pada Vista SP1. Mereka yang sudah memasang update terbaru Vista ini akan merasakan peningkatan kecepatan operasional sistem 50% , sekaligus kompatibilitas aplikasi yang 10x lebih banyak dibanding versi tanpa Service Pack.

Perbaikan di area Reliability
Vista SP1 memperbaiki beberapa issue yang terkait dengan crash dan hang di Windows Vista.Termasuk Windows Calendar, Windows Media Player, dan beberapa driver yang masuk dalam Vista. Selain itu juga memperbaiki masalah koneksi ad-hoc (komputer ke wireless connection) dan juga peer-to-peer connection.

Performance and Power Consumption
Memperbaiki performance saat melakukan browsing di file sharing dengan konsumsi bandwidth yang lebih sedikit. Selain itu juga memperbaiki beberapa hal yang bila kita simpulkan dengan angka: 25 % lebih cepat saat melakukan copy file di mesin yang sama, 45% lebih cepat dari Vista RTM ke Vista SP1, 50% lebih cepat bila antara Vista SP1 dan Vista SP1, dan 50% lebih cepat saat membaca file yang besar. Memperbaiki konsumsi listrik saat sleep (bila tidak ada perubahan pada layar, maka prosesor akan mati). Memperbaiki kecepatan saat extract atau zip file. Memperbaiki kecepatan sleep dan stanby lebih cepat 18%. Bagi rekans yang berada di lingkungan korporat, maka Vista SP1 memberikan kecepatan yang lebih baik bila Anda melakukan login ke domain. Dan yang sangat berguna bagi pecinta Remote Desktop adalah di Vista SP1 sudah diterapkan sebuah algoritma kompresi yang membuat konsumsi bandwidth untuk melakukan remote desktop lebih irit dan tentunya meningkatkan performance/kualitas desktop yang diremote.

In General
SP1 mengurangi prompt dari UAC (User Account Control) saat renaming atau membuat folder dalam lokasi yang protected. SP1 akan membuka hasil scanning foto dengan WIndows Explorer (di RTM membuka Photo Gallery). Selain itu Anda akan diminta untuk memasukkan password saat initial setup.

Vista SP1 memiliki berbagai fitur yang didesain untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas OS tersebut. SP1 juga akan menghapus "Kill Switch" - sebuah fitur anti pembajakan yang mematikan komponen - komponen penting Vista apabila mereka mendeteksi pemakai menggunakan Vista bajakan.

Bagi anda yang tertarik untuk menginstal Windows Vista Service Pack 1, Sebelumnya anda harus memiliki Sistem operasi Windows Vista, Kemudian Silahkan anda download File Windows Vista Service Pack 1 di:


http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=f559842a-9c9b-4579-b64a-09146a0ba746&DisplayLang=en



Besar Filenya sekitar 544 MB,itu artinya jika menggunakan Dial-Up (56k) anda akan mendownloadnya selama 22 jam 7 menit. Semoga anda memiliki kesabaran yang cukup untuk menunggu segitu lama.hehehe...
Link diatas juga menyajikan beberapa catatan mengenai release tersebut yang tentunya dalam bahasa inggris,Jadi bagi anda yang kurang mengerti bahasa inggris harus siap siap menyediakan kamus :D

Namun dibalik Semua penambahan tersebut,Ternyata ada saja beberapa pihak yang merasa kurang puas dengan Release Windows Vista Service Pack 1 tersebut. Banyak diantara mereka yang komplain gara2 terjadi beberapa masalah yang serius setelah mereka mencoba menginstal Windows Vista Service Pack 1. Beberapa contoh masalah yang terjadi yaitu seperti rusaknya sistem operasi, Penggunaan memori yang meningkat tajam secara tiba tiba sehingga sistem operasi terasa sangat lambat.

Pihak Microsoft sendiri pun mengaku bahwa SP1 masih belum sempurna. SP1 tidak akan ter-instal di komputer yang menggunakan driver yang Microsoft anggap tidak kompatibel, termasuk beberapa driver audio dan video yang dibuat oleh Realtek dan Intel. Microsoft mengatakan bahwa mereka tengah menyelesaikan masalah - masalah kompatibilitas.

Jadi kesimpulannya semuanya terserah para pembaca,terserah mau update atau tetap menggunakan Vista yang lama. Kalo saya sih masih mending pakai Windows XP SP3,karena menurut saya lebih stabil,lebih cepat dan hemat batrai leptop (padahal blum nyoba tapi udah komentar.hehehe...)

ntar deh kalo udah keluar Vista SP 2 baru deh saya migrasi pake Vista Service pack 2 :D


2 komentar:

  Muqoddas

3 Oktober 2008 05.00

mas, saya setuju .. mendingan XP dripada vista .. soalnya .. menurut saya lebigmudah XP walaupun lebih powerfull Vista ..

tpi yang penting sih 22nya sering di apdet (update)

  ratualit

19 Oktober 2008 12.10

wah, iya. saya pake vista kok malah bingung ya???puyenk!!

tambahkan artikel ini ke