Spiga

Tips dan cara menghemat daya baterai pada laptop



Waduh.. udah lama nih gak posting lagi, maklum akhir akhir ini sibuk ngurusin urusan dunia nyata, jadi gak ada waktu buat ngurusin dunia maya. Hehe...

Akhir akhir ini di AMG banyak yang pake laptop. padahal kata dosen saya yang lulusan AMG,jaman dulu itu jangankan Laptop, kalkulator aja pada gak punya. Tapi sekarang, 3 dari 5 Taruna AMG udah punya Laptop! wah keren lah! Mungkin salah satu penyebabnya gara gara TID kita naik, jadi taraf h
idup kita ikutan naik juga :D.

Dan sekarang, karena banyaknya pengguna laptop, saya mau sharing tentang penghematan baterai Laptop. Hal ini penting sekali agar kita bisa lebih lama menggunakan laptop ketika tidak ada koneksi listrik. dan berikut ini merupakan tips dan cara menghemat baterai laptop:

1. Atur Power Baterai
WIndows memiliki fitur yang bernama Power Options. Melalui fitur ini, Kita dapat mengatur konsumsi listrik laptop kita. Caranya,klik START lalu Control Panel lalu pilih icon Power Option. maka akan muncul Power Option Properties. Anda pilih tab Power Schemes, kemudian pada menu drop down terdapat enam pilihan yang memiliki settingan Power yang berbeda. Anda dapat memilih yang sesuai dengan pekerjaan anda. Namun saran saya adalah memilih "Max batery" karena pilihan ini bisa menghemat penggunaan baterai karena membutuhkan kecepatan prosesor yang minimal seperti membaca dokumen,melihat file dsb.

2. Kecilkan atau turunkan Brightness monitor
Brightness monitor yang terlalu tinggi membuat pemakaian baterai menjadi boros. Semakin terang monitor kita maka konsumsi listrik pun semakin besar. Selain itu,monitor yang terlalu terang membuat mata kita cepat lelah dan perih. jadi disarankan untuk menurunkan brightness monitor laptop kita sekecil mungkin namun harus tetap enak dipandang. menurut pengalaman, brightness yang diturunkan membuat penggunaan laptop lebih lama 45 menit sampai 1 tahun.

3. Menghentikan atau Mematikan Bluetooth, infrared atau Wi-Fi
Banyak Laptop yang memiliki Bluetooth, wifi atau beberapa perangkat lainnya yang sejenis. Namun kebanyakan orang lupa mematikan perangkat perangkat tersebut, padahal perangkat tersebut cukup memakan daya baterai. Hal ini disebabkan,walaupun perangkat tersebut tidak sedang digunakan, Namun akan selalu mencari perangkat lain yang paling dekat. Sehingga selalu menguras daya baterai kita. Oleh karena itu, jika perangkat perangkat tersebut tidak digunakan, ada baiknya untuk dimatikan. Sehingga akan menghemat baterai laptop.

4. Tidak menggunakan Wireless mouse dan sejenisnya
Saya merekomendasikan untuk menggunakan mouse biasa yang pakai kabel, karena jika kita menggunakan mouse/keyboard wireless malah memakan daya yang sangat besar. oleh karena itu ada baiknya anda merubah perangkat wirelss anda dengan yang menggunakan kabel biasa.

5. Pasang Ram tambahan
Ada baiknya menggunakan RAM minimal 1 GB. Hal ini agar hardisk anda tidak terlalu sering berputar untuk membaca data. Hal ini juga akan mempercepat kinerja dari laptop anda karena system bisa mengambil data dari RAM, sehingga hard drive anda tidak bekerja terlalu keras, hal ini tentu menghemat penggunaan daya baterai.

6. Pilih Windows XP dari pada VIsta
Bagi anda yang memilih windows sebagai OS anda, ada baiknya anda lebih memilih Windows XP karena Windows XP lebih hemat listrik daripada windows VIsta. Selain itu windows XP memiliki kecepatan yang lebih daripada Vista. Hal ini karena XP lebih memiliki program yang bekerja di belakang lebih sedikit daripada Vista.

7. Matikan Hard Drive indexing
Biasanya jika menggunakan partisi NTFS terdapat opsi mengaktifkan hard drive indexing. dengan mengaktifkannya, Windows akan lebih (atau bisa juga kurang) konstan dalam meng index drive anda, yang menyebabkan hard drive anda akan berputar walaupun sedang tidak dibutuhkan. tapi yang perlu diperhatikan, dengan mematikan indexing, berarti penggunaan fitur SEARCH akan memakan waktu yang agak lama.

8. Jangan biarkan perangkat "menancap" jika tidak digunakan
Kebiasaan kita jika telah menggunakan FlashDisk (atau perangkat lain yang sejenis) adalah malas untuk mencopotnya. Padahal perangkat tersebut sudah tidak digunakan lagi. hal ini tentu saja memakan daya baterai laptop anda. oleh karena itu lebih baik dicopot jika memang sudah tidak dipakai.

9. Perhatikan penggunaan dan pengecasan baterai
Jika anda sedang mengecas baterai, Caslah hingga 100%. jika baterai sudah hampir habis, maka caslah sampai penuh dan jangan menunggu sampai benar benar kosong. diusahakan mencasnya dalam keadaan laptop mati. Namun tidak jadi masalah kalo anda ingin mengecasnya dalam keadaan hidup

10. Kurangi Resolusi
Cara lain untuk membuat baterai lebih awet adalah dengan mengurangi resolusi layar dan jumlah warna yang digunakan di laptop. Untuk menguranginya, Anda bisa klik kanan pada Windows Desktop lalu pilih Properties. Pada kotak dialog Display Properties pilih tab Settings. Lalu atur resolusinya dengan cara menarik slider-nya ke kiri untuk mengurangi resolusi. Kemudian pada menu drop down pilih kualitas warna (color quality) yang lebih rendah, lalu klik OK.

11. Gunakan screen savers ‘Blank’
Screen saver ternyata bisa menguras baterai. Karena itu gunakan screen saver ‘Blank’. Caranya, klik kanan pada Desktop lalu pilih Properties. Akan muncul kotak dialog Display Properties, lalu pilih tab Screen Saver. Pada menu drop down terdapat banyak pilihan Screen saver, diantaranya 3D FlowerBox, 3D Flying Objects, 3D Text, Blank, Marquee dan sebagainya. Anda disarankan untuk memilih ‘Blank’ dan atur waktu menunggunya (Wait time) hingga 2 menit lalu klik OK. Langkah ini akan membuat baterai lebih hemat.


12. Kondisi Baterai
Baterai di laptop anda memiliki memori yang bisa mengenali ketika anda menggunakan power AC atau tidak. Jika baterai anda jarang sekali digunakan, anda bisa merasakan mengurangan yang signifikan dari waktu kerja laptop anda. yang harus anda lakukan adalah, nyalakan Laptop anda menggunakan baterai sampai benar benar mati sendiri. kemudian Cas baterainya sampai benar benar FuLL. sehingga baterainya dapat dikondisikan seperti awal lagi.


Mitos seputar Baterai Laptop
Saya sering mendengar beberapa saran dari teman2 tentang penggunaan baterai laptop, salah satunya kita harus mencopot baterai laptop ketika kita mencolokan laptop kita secara langsung ke AC power. Namun akhirnya saya bertanya, Apakah teknologi Baterai laptop sekarang se kuno itu sehingga harus dicopot? dari pertama pun saya yakin kalo saran saran itu hanyalah mitos seputar hardware. Kita gak harus mencopot baterai jika kita mencolokannya ke power AC karena baterai Laptop sudah mempunyai sistem tertentu yang bisa mendeteksi jika baterai sudah terisi penuh. karena saya lagi males CoPas, jadi Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel di:
http://noufalzblog.blogspot.com/2008/10/cara-merawat-baterai-laptop.html

Atau bisa membaca diskusinya di:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=908717

disitu ada beberapa mitos yang salah seputar baterai. Semoga kita tidak terlalu termakan oleh banyaknya mitos mitos yang gak bener :D

DEmikian lah beberapa tips dan cara cara mengurus baterai laptop anda agar tetap hemat dan sehat. saya haturkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak yang telah membantu saya secara langsung ataupun tidak langsung. dan saya juga menyadari bahwa banyak kekurangan dan kelemahan dari artikel ini, saya harapkan kritikan, usulan dan saran para pembaca demi penyusunan artikel yang lebih bagus di kemudian hari. Akhir kata, Semoga arikel ini bisa berguna bagi saya khususnya dan bagi anda para pembaca pada umumnya.Amin..

Loh QO kaya bikin makalah ya? :D
hehe....


updated 6 desember

1 komentar:

  TAWA CEKAKAK

25 November 2008 10.51

maaf baru jawab komentar Tri. I juga baru sibuk sudah tiga bulan tak mengudara. Makasih uadah mampir di blok aku. Salam kenal dari marsudi. gimana kalau tukeran link

tambahkan artikel ini ke