Rabu, 19 September 2012

26 Aplikasi Android yang berguna versi ubay

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai 10 Aplikasi Android yang menurut saya berguna untuk diinstal pada handphone android kita. Tiap orang memang berbeda-beda kebutuhannya, tapi mudah-mudahan sharing dari saya ini berguna bagi para pembaca. Aplikasi yang dijelaskan di bawah ini umumnya memang aplikasi gratis yang bisa didapatkan di play store nya google, tapi ada beberapa aplikasi yang memang berbayar. Untuk aplikasi yang berbayar, tetap tersedia versi trial nya di play store google. Namun jika anda berniat untuk memilikinya secara full, silahkan cari sendiri di google. Saya tidak menyediakan link nya secara langsung karena alasan tertentu. hehe..

Jika anda memiliki referensi mengenai aplikasi lain yang menurut anda berguna, silahkan di share pada komentar di halaman ini. Sharing is carying.. dengan berbagi, ilmu kita akan semakin bertambah.. Selamat menyimak :)


1. Kingsoft Office
Ini salah satu aplikasi yang menurut saya paling penting, karena memudahkan kita membuka dan mengedit file dokumen office dari perangkat android kita. terdapat 24 jenis dokumen yang dapat dibuka oleh aplikasi ini, termasuk diantaranya adalah DOC/DOCX/TXT/XLS/XLSX/PPT/PPTX/PDF dan lain lain. Untuk keterangan lengkap mengenai fasilitas aplikasi bisa dilihat di play store google. Alasan mengapa saya menggunakan aplikasi ini daripada aplikasi office yang lain adalah selain bisa mengedit file2 office juga aplikasi ini gratis dan memiliki tampilan yang simpel.



2. Aplikasi Kamusku
Kamusku adalah aplikasi kamus offline Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya. Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan Google Translate untuk kata-kata yang tidak ditemukan dalam aplikasi ini. Aplikasi ini sangat berguna ketika kita
menemukan kosakata bahasa inggris yang kita tidak mengetahui artinya, gak perlu lagi ribet-ribet buka buku kamus. TInggal ketik, artinya pun dapat langsung kita ketahui. Menurut saya aplikasi ini sangat berguna juga untuk menambah kosa kata kita.



3. Aplikasi Pembaca PDF (Adobe Reader)
Aplikasi ini tentu sudah terkenal jauh sebelum android ada karena kita sudah biasa menggunakannya di komputer PC. Format file PDF memang sudah dapat dibuka menggunakan aplikasi office biasa seperti kingsoft office diatas. Namun akan sangat mudah mengoperasikan serta membaca file PDF jika menggunakan aplikasi adobe reader daripada kita membaca file PDF dari aplikasi office lainnya. Setidaknya itu menurut pendapat saya :D




4. Aplikasi Kalkulator (RealCalc Plus - Not Free)
Diantara kita yang pernah merasakan bangku sekolah mungkin familiar dengan tampilan kalkulator ini. Bagi anda yang dulu biasa menenteng kalkulator scientific bermerek casio ketika di SMA atau di Perguruan tinggi mungkin sudah tak aneh lagi dengan tampilannya. Realcalc Plus merupakan kalkulator scientific yang sangat lengkap.
Berguna bagi anda yang suka berhitung hitungan saintifik. Tak perlu lagi menenteng kalkulator secara fisik. Cukup menginstalnya di perangkat android anda dan anda pun memiliki perangkat yang multifungsi. Tidak hanya hitungan scientific, kalkulator ini dilengkapi pula dengan konstanta dan konversi Unit.
   

5. Aplikasi Diary (Memoires)
Masih menulis di Buku diary? mungkin itu sekarang sudah ketinggalan zaman. Dengan aplikasi Memoires ini kita bisa menulis diary pada perangkat android kita. Hal ini memudahkan kita karena ketika ada suatu kejadian penting kita bisa langsung merekamya baik berupa tulisan, foto, video ataupun rekaman suara. Diary ini dilengkapi pula dengan rekaman penanda lokasi GPS. Diary dengan fasilitas yang sangat lengkap dan gratis.

       

6. Color Note
Untuk beberapa Handphone android yang tidak memiliki fasilitas note, bisa menggunakan Color note ini sebagai alternatif untuk membuat note. Note sangat dibutuhkan untuk mencatat kegiatan atau jadwal kita sehari-hari. Selain jadwal, saya biasanya menggunakan aplikasi ini ketika saya hendak pergi ke pasar. Sehingga tidak ada barang yang terlewatkan untuk dibeli di pasar. Color Note ini bisa juga digunakan untuk mencatat hal-hal kecil, bisa untuk pengingat dan lain-lain. Tampilan aplikasinnya simpel tapi cukup menarik.

       

7. MyQuran Indonesia
Sekarang kita dapat membaca Al-Quran dalam handphone. Sehingga kita masih dapat membaca Al-Quran bahkan ketika kita bepergian jauh. Al-Quran ini memiliki tampilan yang menarik serta dilengkapi terjemahan dan tajwij. Sangat direkomendasikan untuk anda yang beragama Islam.

   

8. Hybrid Stopwatch
Kebetulan handphone andoid saya tidak memiliki stopwatch, jadi saya membutuhkan aplikasi yang berguna untuk timer dan stopwatch. Dari berbagai aplikasi serupa yang tersedia di play store google, menurut saya aplikasi inilah yang paling menarik dari segi tampilan dan kegunaan. Fungsinya sebagai timer dan stopwatch dilengkapi dengan suara alarm.

   

9.Aplikasi File Manager (Astro)
FIle manager yang satu ini cukup terkenal dan banyak digunakan oleh para pengguna android. Fungsinya untuk melihat, memindahkan, menghapus (dan lain2) File yang ada didalam handphone kita. Mungkin kalau di Windows lebih familiar disebut Windows explorer.

    

10. App 2 SD
Keterbatasan media penyimpanan internal memaksa kita memindahkan aplikasi-aplikasi yang terinstal di perangkat android kita ke media penyimpanan eksternal. dengan App 2 SD kita dapat dengan mudah memindahkan aplikasi-aplikasi yang terinstal di memori internal ke memori eksternal. Memang tidak semua aplikasi dapat dipindahkan, hal ini tergantung dari aplikasi itu sendiri. Menurut pengalaman saya, sebagian aplikasi di Android dapat dipindahkan ke memori eksternal.

 

11. Aplikasi Olahraga Outdoor (Endomondo Pro - Not Free)
Aplikasi ini cocok sekali Bagi anda yang senang bertualang, senang treking, olahraga lari, hiking, sepedahan dan berbagai aktifitas lain yang berpindah-pindah tempat. Endomondo akan merekam jejak atau jalur yang anda lalui tentunya dengan bantuan GPS yang terpasang pada perangkat android anda. Hasil dari rekaman jejak berupa peta yang memiliki jalur yang telah kita lewati, lengkap dengan profil ketinggian dan jarak tempuh yang telah kita capaai. Selain itu, endomondo juga dapat menghitung berapa kalori yang telah kita keluarkan. fasilitasnya yang lengkap sangat cocok bagi kita yang senang berolahraga outdoor.



12. Aplikasi Navigasi (Navitel - Not Fre)
Ketika google maps tidak dapat digunakan secara offline, kita membutuhkan suatu aplikasi navigasi yang dapat digunakan baik ketika online ataupun offline. Navitel merupakan aplikasi yang tepat untuk menjawab kekurangan google maps tersebut. Dengan Navitel kita bisa melakukan navigasi di darat tanpa harus terhubung ke internet. Namun tentu saja kita harus sudah mendownload petanya. Saya menggunakan navitel beserta map yang disediakan dari situs navigasi.net . Peta indonesia dari navigasi.net cukup lengkap dan akurat. Navitel termasuk salah satu aplikasi navigasi terbaik yang saya sarankan untuk digunakan pada perangkat androit kita.

     

13. Wifi Static
Ada yang unik dari setingan perangkat android yang saya miliki, yaitu tidak bisa terhubung dengan wifi yang IP nya telah ditentukan (static). Padahal setinggannya di perangkat saya tersedia untuk dirubah rubah, namun setiap kali dicoba selalu gagal. Oleh karena itu saya menginstal aplikasi Wifi Static ini dan sekarang berhasil untuk terhubung dengan Wifi yang menggunakan setingan IP Statis..

14. Aplikasi Efek Foto (Camera 360 Ultimate)
Aplikasi Kamera bawaan perangkat androit terkadang terasa kurang karena tidak memiliki fasilitas untuk mengedit foto yang dihasilkan oleh kameranya. Aplikasi Camera360 ultimate ini berfungsi untuk mengedit / memberi efek kepada foto hasil jepretan perangkat android kita. Hasil pemberian efek cukup menarik dan memberi kesan bahwa foto yang kita ambil merupakan foto hasil jepretan profesional. hehe...
Pokonya aplikasi ini recomended bagi foto editing di aplikasi android.

15. Advanced Task Killer
Terlalu banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar (running in background) membuat kinerja perangkat android kita menjadi menurun. Hal ini karena program-program tersebut memenuhi memori yang ada. Oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi yang bisa menghentikan program-program tersebut. Tidak semua program yang berjalan di belakang layar harus kita hentikan oleh aplikasi ini, namun hanya program-program yang menurut kita jarang digunakan saja. Untuk program yang sering kita gunakan sebaiknya tidak dihentikan. Dengan berkurangnya program yang berjalan dibelakang layar, kinerja perangkat android kita akan semakin meningkat.

16. AVG Antivirus

Para programer pencipta virus biasanya sangat ramai membuat virus untuk sistem operasi yang paling banyak digunakan, contohnya sistem operasi Windows dari microsoft. Dan sekarang pun sistem operasi android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh handphone. Oleh karena itu kita harus membentengi perangkat android kita dengan antivirus sebelum perangkat kita diserang oleh virus-virus tersebut. Ada banyak antivirus untuk android di play store, untuk yang satu ini saya tidak tahu antivirus mana yang paling bagus (dan gratis :D). Itulah sebabnya saya mengunakan AVG Antivirus yang memang sudah biasa saya gunakan di komputer PC.

17. Aplikasi Penghemat Baterai (2X Battery)
Perangkat android terkenal akan boros dalam penggunaan baterainya. Hal ini karena layar sentuhnya yang berukuran lebar serta banyaknya aplikasi yang digunakan. Namun hal ini bisa kita atasi dengan adanya aplikasi penghemat baterai untuk perangkat android. Dengan aplikasi 2X Battery ini kita bisa mengatur perangkat android kita sehingga bisa mengurangi konsumsinya terhadap baterai. Walaupun memang tidak irit secara signifikan, namun lumayan untuk menghemat baterai kita.

18. Aplikasi Booking Tiket Pesawat (Garuda COmmerce dan Batavia Air Mobile)
Bagi kita yang sering bepergian menggunakan pesawat, dua aplikasi ini akan sangat berguna jika diinstal pada perangkat android kita. Karena kita tidak perlu membuka situsnya langsung untuk mengecek harga dan booking tiket pesawat Garuda dan Batavia. Cukup membuka aplikasi ini dan kita bisa mengecek harga tiket dan bisa langsung booking. Dengan adanya aplikasi ini tentu kita akan dengan mudah mengecek harga pesawat dimana saja dan kapan saja selama memiliki akses ke internet, bagi saya hal ini mempermudah kita untuk mendapatkan tiket promo dari setiap penerbangan. hehe..

19. Aplikasi Berita (Kompas.com Detik.com Metro Tv dLL)
Berbagai aplikasi dari situs-situs berita membuat kita selalu up to date terhadap berita-berita terbaru. Biasanya setiap situs berita memiliki aplikasinya masing-masing. Anda bisa menginstal aplikasi dari situs berita yang menjadi favorit anda masing masing. Sebagai contoh disini saya menginstal Kompas.com detik.com dan metro TV.

20. Aplikasi Messenger (WhatsApp - Free For 1 Year)
Siapa yang tidak kenal BBM atau black berry messenger, aplikasi messenger yang hanya dijalankan oleh sistem operasi blackberry. Aplikasi whatsApp ini fungsinya sama dengan BBM, yaitu untuk chatting. Bedanya jika BBM hanya untuk blackberry, maka whatsapp ini bisa diinstal di berbagai sistem operasi, salah satunya android. Jika BBM kita harus berbagi PIN untuk dapat terhubung, namun dengan whatsapp kita bisa terhubung dengan seseorang hanya dengan memiliki no Telp nya saja. Tentu no telp yang bersangkutan juga harus sudah memiliki aplikasi whatsapp pada handphonenya.Aplikasi ini digembor-gemborkan bisa menggeser keberadaan BBM, karena aplikasi BBM terbatas hanya pada sistem operasi blackberry sedangkan whatsapp bisa digunakan diberbagai sistem operasi.

21. Facebook n Twitter
Di era sosial networking ini Siapa yang tidak memiliki facebook dan twitter? mungkin orang akan menganggap kita gaptek jika tidak memiliki salah satu atau kedua dari jejaring sosial ini. Aplikasi facebook dan twitter memudahkan kita untuk mengakses jejaring sosial tersebut. Sebenarnya banyak aplikasi lain yang merupakan gabungan dari berbagai aplikasi jejaring sosial seperti Ubersocial dan lain-lain. Tapi saya lebih sreg jika menggunakan aplikasi yang memang dikeluarkan langsung oleh facebook dan twitter nya dibanding aplikasi-aplikasi gabungan seperti ubersocial tadi..

22. Opera mini
Jika tidak menggunakan paket internet yang disediakan oleh provider operator selular,aktifitas browsing kita tentu akan menyedot banyak sekali pulsa. baru 3 hari diisi pulsa 10ribu, kita harus sudah mengisinya lagi. Oleh karena itu saya lebih suka melakukan aktifitas browsing menggunakan opera mini, karena selain loadingnya cukup cepat juga ukuran file yg kita download lebih kecil, jadi lebih irit pulsa :D. Opera mini memiliki sistem unik dimana ketika kita mengakses sebuah situs, browser tidak langsung mendownload dari situs yang bersangkutan, melainkan situs tersebut didownload ke server opera untuk kemudian dikompress atau diperkecil di server tersebut. Setelah dikompress, data baru dikirimkan untuk ditampilkan di browser kita.

23. Info BMKG
Bagi saya aplikasi ini sangat berguna karena memang ini kerjaan saya yaitu observasi gempa bumi dan cuaca. Dengan aplikasi Info BMKG ini kita bisa mengetahui informasi gempa terbaru beserta informasi cuaca terbaru diberbagai kota diseluruh indonesia.

24. Aplikasi Lampu Senter (Tiny Flashlight + LED)
Tak perlu khawatir lagi jika kita tidak membawa lampu senter ketika melewati daerah gelap. Manfaatkan saja aplikasi ini untuk mengubah perangkat android anda menjadi sebuah lampu senter yang unik. Tidak hanya merubah lampu flash kamera menjadi lampu senter, aplikasi ini juga bisa merubah layar Handphone kita menjadi lampu temaram dan lampu polisi. Fitur unik lainnya adalah kita bisa mengirimkan sandi morse dalam bentuk cahaya dengan cara mengetikan kalimat yang akan dirubah menjadi sandi nya. Aplikasi ini sangat berguna disaat darurat, tapi hati-hati jangan terlalu lama menggunakannnya karena tentu aplikasi ini dapat membuat konsumsi baterai anda boros :)

25. Qibla Compass
Aplikasi ini sangat berguna bagi yang beragama Islam, karena dapat menentukan kapan waktu solat beserta arah kiblat. Tentunya kita harus mengaktifkan GPS dahulu agar aplikasi tersebut bisa menentukan letak posisi kita. Setelah posisi didapatkan, aplikasi akan dapat memberikan arah kiblat beserta waktu solat untuk tempat dimana kita berada.

26. Mandiri Mobile
Bagi anda nasabah bank mandiri wajib memiliki aplikasi ini. Karena memudahkan kita untuk melakukan berbagai bertransaksi yang berhubungan dengan akun bank mandiri. Transfer uang, cek saldo, pembayaran berbagai tagihan dan berbagai macam transaksi lainnya hingga mengisi pulsa pun dapat dilakukannya. Salah satu yang menarik dari aplikasi ini buat saya adalah bisa digunakan untuk membayar tiket pesawat yang sebelumnya sudah dibooking oleh aplikasi garuda dan batavia sehingga mempermudah saya untuk membeli tiket dari maskapai-maskapai tersebut. Biasanya harga tiket yang didapat dari aplikasi-aplikasi tersebut lebih murah jika dibandingkan dengan pembelian tiket di konter-konter atau di kantor maskapainya langsung.


Demikian daftar aplikasi android yang menurut saya berguna, jika pembaca memiliki aplikasi lain yang berguna untuk keseharian kita bisa di poskan dalam komentar di halaman ini. Selamat mencoba.... :)

3 komentar:

aizat mengatakan...

hallo kita juga punya jurnal nih tentang aplikasi android , cek ini ya :)http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf

ginung mengatakan...

berHela

ginung mengatakan...

ada nggak cara pembuatan aplikasi nya ???

tambahkan artikel ini ke