Spiga

cara memakai/mengikat dasi panjang untuk kerja


    Akhirnya setelah sekian lama gak posting, di hari yg berbahagia ini saya posting di blog juga :D. kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara melipat dasi yang benar. Sebenarnya hal ini merupakan hal baru yang saya pelajari. Soalnya dari TK sampe SMA gak ada 1 pun yang seragamnya pake dasi lipat. Adapun waktu SD dan TK pake dasi yang ada karetnya (masih inget gak? hehe). Karena bentar lagi angkatan saya mau wisuda, makanya harus bisa bikin lipatan dasi, biar ntar gak ngerepotin orang lain waktu akan masang dasi di PDUB (pakaian dinas upacara besar) saya. Mudah-mudahan kedepannya ilmu melipat dasi ini bisa saya amalkan dikehidupan sehari-hari... Siapa tau kedepannya saya jadi pengusaha sukses yang sehari-harinya bekerja menggunakan dasi. Aamiin.. :D
(Walaupun saya sadar dengan sepenuh hati bahwa kedepannya saya adalah PNS BMKG yang tidak menggunakan dasi dalam kesehariannya :) )

Berdasarkan hasil googling, saya mendapatkan beberapa referensi mengenai cara pembuatan atau cara melipat dasi yang biasa dipakai dikantor. Namun disini saya hanya akan memposting yang kira-kira berguna untuk dasi yang digunakan ketika saya wisuda  nanti, yaitu dasi panjang untuk kantoran biasa,  bukan dasi kupu-kupu atau dasi lainnya. Jadi jika kalian ingin mendapatkan referensi lain tentang bagaimana cara melipat dasi lainnya, silakan googling ajah bro :D



I. Simpul yang sempurna (model Four in Hand)
  1. Tumpangkan bagian dasi yang lebih panjang dan lebar (bagian A) diatas bagian B dan bentuklah menyilang.
  2. Putar bagian A melewati bagian bawah B.
  3. Putar kembali bagian A sehingga sekarang bagian A diatas B.
  4. Tarik bagian A ke atas melalui bagian simpul yang ada di sekeliling leher.
  5. Tarik bagian A ke bawah dan masukkan ke dalam simpul yang telah dibuat sebelumnya, lalu kencangkan kedua bagian dan atur hingga seimbang antar bagian A dan B sehingga membentuk huruf V.
  6. Tarik simpul “V” tersebut keatas agak kencang mengelilingi leher, dan pastikan bahwa bagian B lebih pendek dari A dan A mencapai ujung sabuk, tidak lebih tidak kurang.
ini gambar penampakannya

 












II. Model Cross Knot

     Untuk model ini silakan anda lihat sendiri dari gambar dibawah ini. Saya lagi kurang bersemangat untuk menuliskan detail cara-cara membuatnya, tapi dari gambar dibawah juga kita pasti sudah bisa mempraktekannya. Silakan mencoba :D

ini gambar penampakannya





III. Model Simpul Baru (Half Windsor)
Berikut ini adalah Langkah-Langkah untuk memakai dasi Half Windsor :
  1. Silangkan bagian A yang lebih panjang dan lebih lebar keatas bagian B.
  2. Putar A mengelilingi belakang B.
  3. Tarik bagian A ke atas.
  4. Kembalikan A melewati simpul yang dibuat sebelumnya.
  5. Tarik A lurus ke.
  6. Tarik A ke atas dan melalui simpul.
  7. Masukkan A ke dalam simpul yang ada di depan.
  8. Selanjutnya kencangkan simpul sehingga seimbang dan membentuk huruf V.
  ini gambar penampakannya




IV. Dasi Model Prince Albert

       Yang ini juga lagi males bikin kata-katanya, jadi silakan anda lihat dan praktekan langsung. Gak begitu sulit ko... Asalkan niat untuk belajar mengikat dasi memang ada :D

ini gambar penampakannya




V. Model Simpul Baru Shelby

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk pasang dasi model Simpul Baru-Shelby:

   1. Silangkan bagian B yang lebih pendek diatas bagian A secara terbalik.
   2. Tarik bagian A melewati bagian bawah B.
   3. Kencangkan simpul yang terbentuk.
   4. Tarik bagian A ke arah kiri.
   5. Lalu tarik bagian A ke atas melalui simpul diantara leher.
   6. Tarik A kedepan dan masukkan ke dalam simpul lalu kencangkan sehingga membentuk huruf V.

ini gambar penampakannya


3 komentar:

  yunan

10 April 2011 14.59

saya juga kadang mash salah pakai dasiii,
aku kira udah bener eh pas di tarik ngikett

  Tri Ubaya

21 April 2011 18.33

iyah ujung2nya nyekik leher deh. hehehe...
Makasih udah berkunjung :D

  acemaxs

13 Oktober 2012 14.32

wah mantap nih buat di coba, ...

tambahkan artikel ini ke